18 Nov 2011

Latar Belakang

     
         LATAR BELAKANG PENDIRIAN
       Perkembangan bisnis yang begitu pesat akhir-akhir ini membuat bnyak orang tertarik untuk berkecimpung di dalamnya. Hal ini di karenakan besarnya keuntungan yang di peroleh dan besarnya pendapatan dalam berbisnis tersebut. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini persaingan pasar yang bebas dan terbuka lebar kini bukan lagi masalah, tetapi menjadikannya sebuah peluang yang berhak di ikuti oleh siapapun yang berminat dan memiliki modal.

Atas dasar pemikiran itulah muncul para entrepreneur-enterpreneur muda yang bersemangat menyajikan kreativitas mereka dan berbisnis. Menciptakan sesuatu yang pantas untuk di sajikan dan berinovasi terhadap produk yang sudah ada. Perusahaan-perusahaan dagang dan jasa yang di kelola haruslah berkelas sehingga siap bersaing dengan produk-produk yang di hasilkan oleh produsen dalam maupun luar negeri. Semua itu di lakukan demi terlaksananya perekonomian Indonesia yang lebih baik. Mendaptan pendapatan perkapita yang tinggi sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik dan bisa keluar dari salah satu kasus Negara terbesar, yakni kemiskinan. Selain itu, bisa pula melakukan perubahan, meberikan lapangan pekerjaan dan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang mampu menjaring pengangguran-pengangguran yang unggul dan siap bekerja.

     Terkadang, untuk memulai suatu bisnis sering kita kocar-kacir mencari ide dan referensi yang cocok sesuai kebutuhan kita. Padahal apa yang kita miliki pasti akan membawa hasil apabila yang kita miliki tersebut mampu di kembangkan dan di kaji lebih dalam lagi. Maksudnya adalah sering kita tidak menyadari potensi yang terdapat dalam diri kita sendiri. Potensi tersebut bisa berasal dari hobi atau bahkan kebiasaan kita yang biasa di kerjakan sehari-hari. Dari sanalah bisnis di mulai. Mengembangkan potensi yang kita miliki ke tingkat professional dan menjadikannya sebuah modal awal, yakni berupa asset berharga yang terdapat dalam diri kita sendiri dan itu harus kita kembangkan sendiri pula. Keuletan, ketekunan, dan keberanian dalam bisnis merupakan suatu kewajiban yang harus di miliki oleh setiap individu baik pekerja maupun pemimpin perusahaan. Bersikap proposionalime dan jujur dalam setiap tindakan yang di kerjakan merupakan sebuah bentuk seorang yang professional.

       Begitu pula jalinan hubungan antar-manusia yang baik menjadikan nilai positive baik bagi perusahaan. Entah itu untuk para investor atau konsumen. Yang jelas semua itu terwujud karena adanya komunikasi yang baik dan terjalin antar-anggota atau pekerja dengan pemipin perusahaan, sehingga perusahaan akan berkembang dan berjalan lurus seiring orang-orang yang ada di dalamnya. Ada banyak bisnis yang ada di dunia ini. Tetapi, bisnis yang paling menonjol menurut kami salah satunya adalah bisnis pakaian produksi yang siap pakai dan siap jual. Jenis pakaian tersebut sangatlah beragam, dan yang paling kami minati adalah jenis pakaian kaos dengan konsep distro dan di padukan dengan inovasi-inovasi pada gambar yang bervariatif dan mampu menarik konsumen pada umumnya. Dengan menguasai teknik sablon dan inovasi-inovasi dalam mengsparasi warna dan gambar, kami menciptakan sebuah konsep pakaian yang kami pikir belum ada dan baru kami lah yang pertama membuatnya. Konsep pakaian tersebut adalah konsep pakaian dengan wajah si konsumen. Terdengar aneh ketika banyak konsumen yang berbondong-bondong membeli pakaian tetapi terdapat gambar wajah mereka satu persatu yang di pakaian hasil pembelian mereka maasing-masing. Bagaimana mungkin? Yang pasti semua itu mungkin saja terjadi asalkan kita siap untuk mewujudkan apa yang semula di anggap tidak mungkin menjadi mungkin. Karena keyakinan inilah kami bersikeras, mencari metode dan cara serta melakukan kolaborasi antara apresiasi seni, teknik sablon dan akhirnya menjadikan sebuah benda yang layak untuk di jual dan di konsumsi oleh khalayak luas.

      Sebuah pakaian bernilai yang memiliki seni tinggi dan kreativitas juga inovasi yang memadukan ketelitian dalam proses pembuatan dan pemilihan alat-bahan yang tepat sehingga pakaian yang di hasilkan memiliki nilai jual tinggi terhadap konsumen. Hal yang kedua adalah banyaknya konsumen. Kami disini melakukan keluasan pada konsumen sehingga mereka bisa memesan terlebih dahulu pakaian yang mereka inginkan. Menetukan kualitas bahan, bagaimana desainnya dan pemilihan warna menjadi sebuah keharusan dalam setiap pesanan. Namun sayangnya, dalam pengerjaan dan pembuatan tersebut masih menggunakan metode yang sederhana dan manual. Sehingga membatasi barang yang hendak di produksi. Karena hal itulah bisnis sangatlah terbatas. apalagi ketika pesanan menumpuk, terpaksa ada sebagian yang di tahan terlebih dahulu karena stock dan pengerjaanya sangat terbatas. keterbatasan tersebut memiliki beberapa factor. Yakni karena mesin (yang mempermudah jalannya pembuatan) juga di karenakan terbatasnya stock bahan pokok seperti kain untuk kaos dan bahan pewarna sablon. Juga karena peralatan yang masih sangat sederhana membuat metode berjalan lambat yang mempengaruhi pekerjaan. Tidaklah mustahil bahwa semua kendala-kendala itu dapat terselesaikan. Semua itu masih dapat di atasi apabila kontribusi antara pemasukan stock dan bahan seimbang dengan jumlah pesanan yang hendak di buat. Artinya dalam hal memanajemen haruslah tepat dan seimbang. Sehingga tidak adanya waktu yang terbuang dan mengefektifkan apa yang di miliki terhadap apa yang akan di buat. Totalitas, disiplin dan ketelitian setiap pekerja menjadi penentu maju-mundurnya suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar